Siapkan Nusantara, Unair Gandeng AGSI

Presiden AGSI Sumardiansyah Perdana Kusuma (tengah) beserta Pengurus AGSI Jawa Timur saat koordinasi kegiatan Nusantara di Unair.

Dalam rangka kegiatan Olimpiade Sejarah Antar SMA/SMK/MA/MAK se Jawa Timur (Nusantara), Jurusan Sejarah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menggandeng Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) dalam pembuatan soal-soal olimpiade. Presiden AGSI Sumardiansyah Perdana Kusuma, Sabtu (21/4) beserta pengurus AGSI Jawa Timur hadir langsung dirumah Budaya Unair, Jl. Dharmawangsa, Surabaya berkoordinasi dengan panitia. Nantinya selain membuat soal, AGSI juga akan mendampingi dan menjadi juri selama kegiatan lomba kesejarahan terbesar untuk siswa di Jawa Timur tersebut.

Presiden AGSI mengungkapkan, pihaknya merasa sangat senang diajak oleh Unair untuk merencanakan kegiatan olimpiade sejarah yang berkualitas. “Dari diskusi kami dengan panitia, terlihat jelas bahwa kompetisi ini memang dikemas secara matang dari sisi kualitas, dan cukup menantang bagi para siswa nantinya. Kami berharap sinergi seperti ini terus dilakukan, yaitu sinergi antara kampus dengan guru sejarah” katanya. Dengan sinergi ini, tambah Sumardiansyah, akan tersambung antara kompetensi kesejarahan yang disampaikan oleh guru kepada siswa dengan materi yang dikeluarkan dalam olimpiade dari pihak kampus.

Selain membahas teknis olimpiade, AGSI juga nantinya akan mengusahakan agar olimpiade ini memperebutkan piala bergilir AGSI, agar keberlanjutan kerjasama antara Unair dan AGSI langgeng. “Kita juga mengusulkan, agar kegiatan ini nantinya diselingi dengan seminar, workshop, bedah film, atau lawatan sejarah untuk guru, agar kebermanfaat kegiatan ini tidak hanya diperoleh untuk siswa, namun juga guru” ujar Sumardiansyah.

Untuk diketahui, gelaran Nusantara merupakan kegiatan olimpiade sejarah tahunan yang tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus di Unair serta memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Untuk keterangan dan informasi kegiatan ini, dapat dilihat melalui instagram senopatiunair. (HP)

###

Tulisan ini dipublikasikan di Berita AGSI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *