500 Guru Ikuti Persamuhan Pendidik Pancasila

BPIP Gandeng AGSI Gelar Persamuhan Pendidik Pancasila
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) menggelar kegiatan Persamuhan Pendidik Pancasila, mulai Jumat (29/22) hingga -Senin (2/12) mendatang di Hotel Shangri La, Surabaya.
Kegiatan tersebut akan diikuti tidak kurang dari 500 guru dari 34 Provinsi di Indonesia, yang kebanyakan merupakan guru sejarah SMA sederajat. Mengangkat tema “Pancasila dalam Narasi, Rasa dan Laku Lampah”, selama empat hari mereka akan mendapatkan materi terkait Pancasila dari beberapa narasumber. Diantaranya Plt Kepala BPIP Prof Hariyono, Presiden AGSI Sumardiansyah Perdana Kusuma, Mendikbud, Kepala Bappenas, sejarawan JJ Rizal, budayawan Sujiwo Tejo dan yang lainnya.
Direktur Pembudayaan BPIP Irene Camelyn Sinaga mengungkapkan, kegiatan ini merupakan upaya BPIP agar Pancasila membudaya kembali utamanya pada peserta didik atau siswa di sekolah. “Karenanya yang kita undang para guru dari 34 Provinsi, harapannya mereka bisa menjadi agen untuk mengimbaskan ideologisasi Pancasila kepada seluruh rekan guru di daerah dan juga kepada para siswa nantinya” jelas Irene.
Sementara itu Presiden AGSI Sumardiansyah Perdana Kusuma mengatakan bahwa kegiatan Persamuhan Pendidik Pancasila ini memang berbasis sejarah, karena menurutnya pendekatan sejarah paling tepat untuk membudayakan Pancasila. “Tanpa diajarkan mengenai sejarah Pancasila kepada siswa, maka Pancasila seakan-akan muncul di ruang kosong begitu saja di area keindonesiaan. Padahal perjalanan menjadi Pancasila sangat panjang, dan itu harus diketahui oleh siswa runutan sejarahnya. Kita ingin membudayakan Pancasila secara utuh mulai dari past, present dan feature. Bagaimana sejarah Pancasila berawal, menghadapi era saat ini sekaligus mengujinya di era masa datang. Semua itu harus utuh” jelas Sumardiansyah. Ia juga menambahkan pada hakikatnya Pancasila berakar dan lahir dari sejarah, maka menggunakan pendekatan sejarah dalam mengkontekstualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila yang terkandung melalui peristiwa masa lalu dan keteladanan para pendiri bangsa adalah sebuah keniscayaan bagi seorang Pendidik Pancasila.

Kontak Humas AGSI
Heni Purwono
085640554517, purwono.heni@gmail.com,
agsi.or.id

#persamuhanpendidikpancasila #ceritapancasila
#pancasiladariruangkelas
#bpip
#asosiasigurusejarahindonesia
#gurusejarah
#BPIP_RI_AGSI

Author: Heni Purwono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *