Heni Purwono, Guru Sejarah Berprestasi Dari Kota Dawet Ayu

Heni Purwono S.Pd., M.Pd. Pengurus Departemen Humas TIK AGSI Pusat, Sekretaris AGSI Kabupaten Banjarnegara. 

Heni lahir di Banjarnegara pada 05 Oktober 1984. Ia merupakan anak ke dua belas dari dua belas bersaudara, dari pasangan Bapak H S Chaeruri dan Ibu Hj Yatimah. Kehidupannya yang sederhana di masa kecil membuatnya tangguh dalam meraih cita-citanya menjadi seorang Guru Besar Sejarah kelak dikemudian hari. Untuk itu, sejak kuliah S1 ia banyak aktif di organisasi intra maupun ekstrakampus.

Di kegiatan intra kampus, posisi tertingginya ia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Negeri Semarang. Sejak semester 1 hingga semester 6, Heni yang juga mahir menulis di media massa sejak 2005, selalu mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kemdikbud. Di semester 7 dan 8, ia mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PPE) karena prestasinya di dalam organisasi. Bahkan di tahun 2008, ia mendapatkan beasiswa Student Exchange Programe ke Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

Tak berhenti di situ, ketika lulus dan menjadi guru selama 2 tahun di SMP Nasima Semarang ia sambil melanjutkan studi di Magister Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro Semarang. Ia selanjutnya diangkat menjadi PNS di SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara pada 2010, dan mendapatkan beasiswa S2 Kepengawasan di Universitas Negeri Semarang dari P2TK Dikmen Kemdikbud pada tahun 2012. Kuliah S2 tersebut membawanya mengikuti Short Course “Leading School in 21 st Century” di National Institute of Education International, Nanyang Technological University Singapura.

Sebagai guru muda, prestasinya luar biasa. Di tahun 2009, ketika pertama menjadi guru, ia sudah meraih Juara 1 Penulisan Artikel Populer tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2012 ia sudah mampu menjadi Juara Nasional Penulisan Best Practice Guru yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Tahun 2014, ia kembali lagi menjadi Juara 1 Nasional Lomba Model Pembelajaran Antikorupsi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tahun 2017, Heni menjadi Finalis Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Dikmen yang digelar oleh Kemdikbud. Di tahun 2018, heni juga berkesempatan menjadi peserta kegiatan Internalisasi Kebangsaan (Inti Bangsa) yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah Kemdikbud dan membawanya  menjelajah hingga ke Pulau Sabang di ujung barat Indonesia.

Saai ini, Heni juga aktif menjadi ketua MGMP Sejarah SMA Kabupaten Banjarnegara, Sekretaris PGRI Cabang Sigaluh, Pengurus Pusat Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI), Ketua Yayasan Sahabat Muda Indonesia dan Koordinator Komunitas Sejarah dan Cagar Budaya Banjarnegara.

Heni adalah suami dari Herni Sukaesi S.Pd. dan Ayah dari Fatiha Salma Haniyya (7 tahun) dan Afnan Faiz Ibrahim (3 tahun).

Korespondensi dengan Heni Purwono dapat melalui WA: 085640554517, atau surat elektronik: purwono.heni@gmail.com, serta laman: http://cagarbudayambanjar.id.

Video profilnya dapat dilihat di link youtube: https://www.youtube.com/watch?v=tmU3EBVQlnM, serta kanal youtube: SMA Negeri 1 Sigaluh.

Atau surat dapat dikirim melalui pos dengan alamat: SMA Negeri 1 Sigaluh, Jaln Raya Brayut Km 13, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tulisan ini dipublikasikan di Seri Guru Sejarah Berprestasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *